Tips Usaha Membuat Hotel yang Sukses

Tips Usaha Membuat Hotel yang Sukses

62 views


Tips Usaha Membuat Hotel – Walaupun usaha hotel ini harus memiliki modal yang tidak sedikit, namun seorang pelaku usaha tidak menciutkan nyalinya untuk mencoba bisnis hotel.

Tips Usaha Membuat Hotel yang Sukses

Tips Usaha Membuat Hotel yang Sukses

Berkut ini adalah beberapa tips usaha hotel :

  • Konsep hotel

Jika anda yang ingin membuka bisnis hotel yang pertama harus anda persiapkan adalah konsep atau gagasan yang akan anda pakai untuk bisnis hotel anda. Hotel saat ini sudah banyak bertebaran di kota- kota di setiap daerah bahakan tak jarang pada 1 kota akan memiliki lebih dari 2 bagunan hotel, maka dari itu tentu saja anda akan memiliki banyak saingan. Untuk menyiasati agar usaha hotel baru anda tidak mengalami sepi pengunjung dan tidak mudah tersingkir, anda harus membuat bisnis hotel dengan konsep atau gagasan hotel yang sudah benar- benar matang adar usaha anda dapat bersaing dengan hotel- hotel lainnya. Untuk tips jonsep bisnis hotel paatikan anda membuat konsep hotel yang menarik agar selain dapat menarik para pelanggan juga mendai pembeda antara bisnis hotel anda dengan hotel lain.

Baca juga : Tips Usaha Modal Pinjaman Bank

  • Lokasi

Selain konsep yang harus anda perhartikan, anda juga harus menentukan lokasi dan tempat untuk membuat bisnis  hotel yang memulai dari nol. Menentukan lokasi bisnis hotel anda juga sebagai menentukan pelanggan yang menjadi target anda. Pastikan lokasi bisnis hotel dekat dari target pelanggan dan mudah dijangkau. Tentukan target anda sepeti di pusat kota, atau di dekat kawasan destinasi wisata yang kemungkinan yang sedang berlibur di tempat wisata tersebut akan menginap di hotel anda.

  • Melakukan Perizinan

Jika anda ingn membangun sebuah hotel tentunya ada harus memiliki perizinan tempat dari pemerintah lingkungan tersebut.

  • Modal

Seperti yang anda tahu, bisnis hotel termasuk bisnis yang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk menyiasati hal tersebut anda dapat menggunakan cara pinjam bank, anda Cuma harus memiliki modal 50 % sampai 60% dari biaya modal awal anda, untuk kekurangannya anda tinggal meminjam kepada bank. Nemun juka anda tdak ingin berurusan dengan bank, ada dapat menggunakan cara yang 2 yaitu melalukan kerjasama pada bisnis hotel yang akan anda tekuni. Pastikan orang yang ingin anda ajak kerjasama adalah orang yang sudah anda percayai seperti keluarga, teman, sahabat, rekan kerja, maupun kenalan yang sudah anda percayai.

Baca juga : Tips Usaha Furniture Modal Minim Untung Besar

  • Konsultasi

Jika anda ingin memulai bisnis hotel dari nol, maka yang harus anda lakukan adalah mengkonsultasikan hotel yang akan anda bangun, jangan malu untuk bertanya kepada yang sudah berpengalaman di bidang bisnis hotel ini. Hal ini tidak tanpa alasan, karena anda dapat mengkonsultasikan desain arsitek hotel anda kepada yang sudah profesional agar anda biaya yang dikeluarkan lebih efisien, selain itu juga dapat mengkonsultasikan apa saja yang anda perlukan untuk jika ingin membuat hotel agar anda tidak salah dalam membeli dan hal ini dapat memperhatikan anggaran yang nantinya anda keluarkan.

  • Studi kelayakan

Tips selanjutnya yaitu anda memerlukan studi kelayakan terlebih dahulu. Studi kelayakan ini menjadi tips yang sangat penting agar anda tidak mengalami kerugian dalam memulai bisnis hotel. Karena studi kelayakan ini memiliki manfaat membantu anda dalam menentikan fasilitas yang di butuhkan, jumlah kamar, dan hal lain yang berupa detai dalan prospek hotel yang nantinya akan anda bangun.

Baca juga : Tips Usaha Homestay yang Sukses

Berikut adalah tips untuk anda yang mencoba terjun di bisnis hotel. Semoga bermanfaat!

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *