Usaha Bisnis Mainan Action Figure Untuk Pemula

91 views

Koleksi Action Figure adalah salah satu jenis hobi yang banyak diminati oleh beberapa kalangan, terutama kalangan menengah ke atas, karena harga dari figure-figure tersebut yang relatif mahal, apalagi jika action figure tersebut mulai langka.. pasti harga nya sudah selangit. action figure tersebut banyak dijumpai di toko-toko mainan terkemuka atau di mal-mal besar, namun ada pula dibeli secara online yang tentunya harga lebih murah.

Perlu diketahui bahwa Action Figure bukanlah mainan yaa.. jadi jangan salah diartikan. Action Figure ini memiliki banyak sekali brand dari perusahaan-perusahaan mainan terkemuka, diantaranya: Bandai, Mafex, DLX Series ThreeO, Hot Toys, DC Collectibles, Marvel Select, Marvel Legends, Hasbro dan masih banyak lagi merek-merek yang lain. biasanya tiap jenis action figure memiliki komunitas penggemar masing-masing dari lini Star Wars, Marvel, DC, Gundam dan lain-lain.

Distributor Action Figure
Rendy Saputro Importir Action Figure

Dari Sekedar Hobi sampai menjadi Distributor Action Figure

Kembali lagi ke topik, … bermula dari Hobi, apabila sangat menggeluti hobi tersebut maka akan muncul ide-ide cemerlang… yaitu: Bagaimana cara menghasilkan uang dari hobi tersebut dengan menjadi Distributor / Reseller Action Figure. dimulai dari kisah sukses seorang anak muda asal kota Solo yang hobi banget mengumpulan action figure dari berbagai lini akhirnya Mimin berhasil bertemu dengan beliau ini yaitu Rendy Saputro, kita sebut saja ” Master“, walaupun boleh dikatakan pemula, beliau telah sukses menjadi distributor action figures yang telah digelutinya setahun yang lalu tepatnya setelah lebaran 2019. awal dari ide ini karena Master seorang kolektor mainan dan harga mainan yang relatif tidak murah.. bagaimana cara supaya bisa membeli action figure tanpa keluar biaya? nahh… akhirnya gagasan ini keluar dari benaknya, dengan membeli dan menjualnya kembali dengan sedikit keuntungan yang dikumpulkannya untuk membeli koleksi mainan action figure yang baru.

Semula usaha ini dilakukannya dengan partai kecil alias eceran.. namun karena banyak sekali permintaan dari para konsumen akhirnya dilakukan pembelian dalam jumlah yang besar.. yang berkonsep “PO atau Pre Order” waktu Mimin tanya, “kenapa sih master? banyak skali konsumen yang rela beli ditempat si master?” lalu si master menjawab: ” Karena saya mengambil untung yang tidak terlalu banyak dan barang yang diorder saya gratiskan ongkos kirim nya… Free Ongkir ke seluruh Nusantara,, jauh dekat harga sama.” -kayak bis kota yaah?

Dengan salah satu strategi marketing ini, si Master telah menciptakan pool pasar konsumen sendiri dan cara memasarkannya dengan modal kepercayaan, dia menjualnya melalui media sosial Facebook: Rendy K Saputro dan melalui marketplace Tokopedia apabila diperlukan. dari hal ini bisa kita lihat kalau trik marketing ini sangat bagus untuk menjalankan suatu usaha, dalam istilah “ Give Less, Get More.” yaitu kita memberikan sedikit untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Paket Mainan
Paket dari Jepang

Dari mana si Master mendapatkan barang dagangannya? untuk mendapatkan harga yang lebih miring, pastinya dari asal barang tersebut dibikin.. dalam hal ini Master banyak menjual action figure asal Jepang, yaitu Revoltech, SH Figuarts alias SHF dari Bandai serta Mafex dari Medicom yang kesemua brand tersebut adalah perusahaan mainan terkemuka di Jepang. berati Importir dong? tentu nya: iya!  berarti harus ada relasi di Jepang dong? jawabnya: iya! gimana caranya bisa dapat relasi Supplier di Jepang? pstttt.. rahasia! ……

Bagaimana bisa ada informasi barang yang akan diproduksi? tentunya dari pihak Supplier di Jepang memberikan bocoran, karakter figure apa saja yang akan di produksi dan kisaran harganya berapa. harga tersebut dalam mata uang Yen, setelah di konversi ke Rupiah dan ditambahkan dengan ongkos kirim serta pajak maka akan ketemu berapa rupiah figure tersebut harus di jual sehingga Master bisa membuka harga Pre Order, dimana konsumen diminta untuk bayar DP [Down Payment] dalam jumlah tertentu, biasanya 20% dari harga keseluruhan, yang mana DP ini bisa kita sebut sebagai modal awal, dimana biaya ini dibayarkan ke supplier untuk memesan sejumlah figures.

lama PO ini berkisar antara 4 sampai 8 bulan bahkan bisa sampai 1 tahun lebih, tergantung dari kesiapan dari manufacture nya. paketnya pun bervariasi, ada paket cepat atau paket lambat. dimana opsi paket cepat: barang akan segera dikirim setelah released dari manufacture.  harga paket cepat akan lebih mahal karena biaya ongkos kirim Express yang lebih mahal. untuk paket lambat biasanya telat 2 bulan setelah barang released.

Terus bagaimana urusan bea cukai master? jawabnya: untuk saat ini, supplier / distributor di Indonesia agak susah dalam perijinan dan pajak masuk yang relatif tinggi, pembayaran Cukai di lakukan di Kantor Pos, harga diatas USD $3 kena bea cukai 17,5 % x Harga Barang + Ongkos kirim. jadi untuk saat ini harga figure juga menyesuaikan, tentunya lebih mahal.. namun apabula di bandingkan dengan harga toko, harga dari si Master lebih murah. untung sdikit asal laku banyak keuntungan nya bisa buat beli figure baru, namun apabila banyak pemesan otomatis keuntungannya akan jauh lebih banyak… tergantung bagaimana menjalankan strateginya, dan Rendy Saputro alias “Master” bisa mengelolanya dengan baik dan usaha tersebut berjalan hingga sekarang.

 

Bagaimana Harus Memulai?

Dari ulasan diatas, kita simpulkan bahwasanya, apabila sebuah usaha diawali dari kemampuan sendiri bahkan bermula dari hobi akan jauh lebih baik, karena memang benar-benar menguasai medan bisnis, serta memiliki trik promosi marketing yang bagus. Bagaimana dengan anda? dari mana harus memulai? yang bisa menjawab adalah anda sendiri. jadi apabila anda memiliki skill ataupun hobi [tentunya hobi yang positif], kembangkanlah hobi tersebut untuk memulai sebuah usaha, dan di jaman pandemi seperti sekarang, usaha terbaik adalah melalui jalur online. selamat berkarya dan sukses selalu..

Baca Juga: Usaha Dawet Cendol Tradisional

Gallery for Usaha Bisnis Mainan Action Figure Untuk Pemula

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *