Usaha Kecil Kecilan Di Rumah

Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Yang Menguntungkan

3 views

Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Yang Menguntungkan

Kesulitan mendapatkan lapangan kerja baru yang sesuai keahlian dan kehendak menjadi hal yang selama ini kerap dialami orang yang mau bekerja. Mau tak mau pemerintah berusaha menciptakan lapangan kerja baru. Salah satu cara yang diambil oleh pemerintah adalah menciptakan para pengusaha baru di wilayah masing-masing. Sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru dan mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

Di saat pandemik covid19 banyak usaha yang mengalami sepi pembeli. Namun sebagian lagi mengalami penjualan tinggi. Di waktu situasi yang tidak aman ini segala transaksi yang aman adalah yang dilakukan tanpa perlu berjumpa secara fisik antara pembeli dan penjual. Salah satu usaha yang paling direkomendasikan adalah usaha kecil-kecilan di rumah.

Usaha Kecil Kecilan Di Rumah

Bisnis bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi yang paling menyenangkan adalah bisnis yang dijalankan di rumah. Karena menghasilkan uang dapat dilakukan sambil mengurus anak dan keluarga. Namun yang paling dikeluhkan adalah bisnis memerlukan modal besar. Akan tetapi, jangan risau ada banyak usaha modal kecil yang dapat dilakukan di rumah dengan sangat menguntungkan.

Apabila anda saat ini mengalami kesulitan keuangan maka anda harus mengambil langkah cepat untuk mengatasi kondisi tersebut. Salah satunya yang dapat diambil adalah dengan membuka usaha. Supaya anda mendapatkan penghasilan untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. Usaha yang dapat dibuka bukan hanya usaha modal besar. Namun bisa juga usaha kecil-kecilan di rumah yang sangat menguntungkan.

Penting sekali bagi anda untuk memilih buka usaha dengan modal kecil. Yang berarti anda belajar membangun bisnis dari nol sampai besar. Anda akan mengetahui dasar-dasar suatu bisnis. Yang sering ditanyakan patokan usaha modal kecil adalah berapa besaran uang yang dikeluarkan? Sebagai patokan usaha modal kecil dibawah Rp 1 juta.

Keuntungan lain membuka usaha modal kecil adalah risiko kerugian yang juga kecil. Karena uang yang diinvestasikan sangat kecil. Sebesar Rp 1 juta. Berbeda dengan usaha modal besar. Seperti usaha minimarket waralaba yang modal uang sebesar Rp 400 juta. Jika usaha bangkrut maka kerugian akan sangat besar sebesar Rp 400 juta.

Kelebihan Membuka Usaha Kecil Rumahan

Bagi anda yang memilih memulai bisnis kecil-kecilan maka patut bergembira. Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan darinya. Berikut ini beberapa kelebihan membuka usaha kecil di rumah bagi anda, antara lain:

  • 1. Penghasilan

Dari bisnis kecil-kecilan yang anda lakukan di rumah akan mampu menghasilkan keuntungan. Penghasilan pada awal usaha mungkin sangat kecil. Namun seiring bertambah waktu dan pelanggan maka penghasilan akan bertambah besar. Jika anda ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi maka anda bisa membuka beberapa usaha kecil-kecilan di rumah.

Telah banyak orang sukses yang asalnya membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Lalu berjalan waktu menjadi perusahaan raksasa. Seperti Google, Apple Computer, Facebook, Microsoft dan lain sebagainya. Dengan membuka usaha kecil di rumah maka berjalan waktu usaha tersebut semakin berkembang dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

  • 2. Pembelajaran

Membuka usaha kecil di rumah akan memberikan suatu pembelajaran berharga bagi anda tentang bagaimana cara membangun bisnis yang baik. Mungkin usaha yang anda jalani gagal atau bangkrut maka anda bisa mempelajari sebab kebangkrutan agar tak terulang lagi di masa mendatang.

  • 3. Melatih kemandirian

Dengan membuka usaha di rumah maka anda sekaligus melatih jiwa mandiri. Bagi seorang ibu rumah tangga maka ia tidak terlalu bergantung pada penghasilan suami. Karena ia sudah memiliki penghasilan sendiri.

  • 4. Minim resiko

Namanya juga usaha kecil. Modal yang dikeluarkan kecil dan resikonya juga kecil. Bagi seorang pebisnis pemula sangat dianjurkan untuk memilih bisnis modal kecil.

Cara Sukses Membuka Usaha Kecil-Kecilan Di Rumah

Berikut ini cara sukses membuka usaha kecil-kecilan di rumah, antara lain:

  • 1. Penentuan usaha

Sebelum memulai usaha kecil-kecilan pastinya anda terlebih dulu memutuskan jenis usaha yang hendak dilakoni. Ada banyak bisnis kecil-kecilan yang tersedia untuk dilakukan. Seperti bisnis jualan es krim, jualan pulsa elektrik, bisnis buah-buahan, bisnis kuliner, usaha jasa pangkas rambut, bisnis online dan lain sebagainya.

Dalam pemilihan jenis usaha hendaknya didasarkan atas pertimbangan kemampuan dan hobi. Anda dapat memilih usaha berdasarkan hobi. Karena ini akan lebih mudah menghantarkan sukses pada usaha yang dijalani. Bisnis itu akan dilakukan sepenuh jiwa.

  • 2. Fokus

Sebuah usaha tidak akan berjalan sukses jika ia menjalankannya tidak sepenuh hati dan tidak fokus. Ia mempunyai banyak cabang usaha dan pikiran hingga energi yang tercurah tidak maksimal. Kekuatan terbesar manusia akan muncul jika ia fokus. Seluruh energi pikiran, dan tenaga akan terfokus pada satu usaha yang membuatnya cepat sukses.

  • 3. Perhitungan modal usaha

Sebuah usaha pastinya membutuhkan modal awal. Anda bisa menghitung sendiri berapa modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha kecil tersebut. Yang meliputi modal uang untuk pembelian peralatan usaha, bahan baku dll. Dengan gambaran modal uang yang harus dipersiapkan akan membuat anda lebih terpacu menyiapkan uang.

  • 4. Perputaran uang

Seorang pengusaha harus pandai dalam mengelola uang. Apalagi ia membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Dengan modal kecil dan keuntungan masih kecil. Sehingga ia harus telaten dalam mencatatkan keuangan. Pemisahan keuangan usaha dan pribadi mesti dilakukan. Ia pun harus mengetahui kapan uang harus dibelanjakan untuk membeli aset atau tidak.

  • 5. Melakukan inovasi sepanjang masa

Inovasi adalah ruh bisnis. Orang yang berhenti berinovasi maka usaha yang dijalani cepat atau lambat akan mengalami kebangkrutan. Inovasi mesti dilaksanakan pada sebuah bisnis kecil agar usahanya semakin membesar. Misalkan inovasi produk kuliner. Sebab orang akan lebih cepat bosan dengan produk yang selama ini ada.

  • 6. Kerja keras dan pantang menyerah

Anda tidak bisa sukses buka usaha hanya dengan berleha-leha dan berpangku tangan. Semua keberhasilan bisnis kecil-kecilan harus diawali dengan kerja keras, gigih dan pantang menyerah. Semangat inilah yang mesti dimiliki oleh pengusaha baru atau pemula. Agar bisnis yang dijalaninya bisa bertahan lama dan berkembang.

  • 7. Belum berhasil

Dalam memulai suatu usaha pastinya anda tak akan luput dari berbagai kendala dan rintangan. Misalkan penolakan pelanggan. Anda jangan menganggap itu sebagai sebuah kegagalan. Namun lihatlah sebagai sesuatu yang belum berhasil dengan baik dan anda bisa belajar darinya supaya esok hari bisa lebih baik dan mendapatkan keberhasilan.

  • 8. Lokasi strategis

Walaupun anda menjalankan usaha kecil di rumah tetap saja dibutuhkan lokasi strategis. Karena lokasi sangat mendukung kesuksesan usaha kecil. Minimnya modal usaha untuk sewa lokasi strategis membuat usaha kecil rentan bangkrut.

Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Yang Menguntungkan

Berikut ini beberapa usaha kecil-kecilan di  rumah yang menguntungkan, antara lain:

  • Usaha jualan pulsa elektrik

Usaha berjualan pulsa elektrik bisa dilakukan di rumah. Dengan cara menyediakan etalase kecil dan spanduk bertuliskan promo sedia pulsa. Untuk membuka bisnis ini tak membutuhkan modal besar. Anda cukup menyediakan uang sebesar Rp 50 ribu untuk modal awal usaha berjualan pulsa di rumah. Usaha ini dijamin laris manis disebabkan kebutuhan pulsa menjadi kebutuhan utama manusia di jaman modern terkini.

Berikut ini rincian biaya modal usaha jualan pulsa elektrik, antara lain:

-Deposit pulsa Rp 500 ribu

-Kartu perdana satu dus Rp 200 ribu

-Etalase ukuran mini dari kaca Rp 300 ribu

Anda hanya perlu menyediakan uang sebesar satu juta rupiah untuk membuka usaha jualan pulsa elektrik sampai buka.

  • Usaha berjualan sarapan pagi

Seperti usaha berjualan bubur ayam, lontong kari, nasi uduk, nasi kuning, aneka gorengan, aneka masakan, dan lain-lain. Anda dapat buka usaha sarapan pagi di tempat strategis yang banyak dilalui orang atau dekat keramaian orang ataupun dibuka di halaman rumah.

  • Usaha berjualan sayur-sayuran

Anda dapat membuka usaha jualan sayur-sayuran di rumah. Inilah cara termudah untuk mendapatkan uang. Adapun yang menjadi pangsa pasar adalah orang sekitar atau tetangga. Untuk memperluas pangsa pasar maka anda bisa melakukan promosi online atau jualan sayuran keliling menggunakan sepeda motor.

Baca: Cara Memikat Pelanggan Dalam Berdagang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *